Sampah Yang Tidak Diketahui Banyak Orang
Dibuat oleh :
Rama Tantra
Tipe : tulisan

Sampah yang tidak diketahui banyak orang

 

Beberapa waktu yang lalu saya ikut diskusi dengan seorang kepala sekolah bersama dengan orang dari kementerian maritim membahas tentang sampah. Pembahasan sangat menarik yaitu tentang bagaimana cara memasukkan perihal sampah ke dalam pendidikan anak sekolah dasar untuk dipelajari hingga anak- anak mampu menerapkan perilaku mengurangi sampah di bumi khususnya Indonesia.

Menarik ketika bapak kepala sekolah mengatakan sampah plastik yang paling banyak di bumi, perlu diketahui anak-anak untuk mengurangi penggunaan plastik dalam kesehariannya yang diikuti dengan manggut-manggut oleh bapak dari kementerian. Singkat cerita dari diskusi yang panjang sebelum pulang kami bersalam-salaman.

Saya menyalami bapak kepala sekolah itu dengan sedikit memberi informasi “pak, sampah terbanyak nomor 1 di bumi adalah puntung rokok baru plastik hehehe”.

Pertemuan malam itu membuat saya berpikir bahwa sepertinya tidak semua orang mengetahui bahwa puntung rokok adalah sampah terbanyak di bumi. Bahkan, saya merasa bahwa tidak semua orang tahu kalo puntung rokok adalah sampah yang berbahaya.

Dalam 1 puntung rokok yang dibuang sembarangan itu mengandung filter serat sintetis berisikan ratusan bahan kimia berbahaya, ribuan zat karsinogenik yang masuk ke dalam kategori limbah B3. Tercatat ada 2,4 juta ton sampah puntung rokok di lautan dan menjadi sampah nomor 1 paling banyak ditemukan di lautan (Ocean concervancy, 2018). Hal ini tentu menjadi pencemaran lingkungan dan merusak ekosistem makhluk hidup di lautan. Dalam sebuah studi yang pernah dilakukan dengan meletakkan ikan di dalam kolam yang tercemar sampah puntung rokok, hasilnya dalam 4 hari ikan tersebu mati. Wah.

Saat ini jumlah perokok di Indonesia lebih dari 65 juta orang. Jika dalam 1 bungkus rokok minimal ada 12 batang yang dikonsumsi menjadi sampah puntung rokok dikalikan jumlah perokok 65 juta orang dibuang sembarang. Berarti 780 juta sampah puntung rokok setiap hari ada di Indonesia. Belum di kali 30 hari dalam sebulan, dikali lagi 12 bulan, dikali lagi 5 tahun, 20 tahun. Wah, di kalkulator tak terhingga,

hasilnya.

Gawat, saya membayangkan Indonesia bisa menjadi negara penghasil sampah puntung rokok di Dunia.

Juga, jika sampah puntung rokok ini terbuang ke sungai mengalir sampai lautan maka bisa dipastikan setiap 4 hari akan banyak ikan yang mati gara-gara air yang tercemar sampah puntung rokok yang tak terhingga banyaknya. Gimana dengan sebulan tercemar, setahun, 5 tahun, 20 tahun sampai 40 tahun bisa jadi tak ada lagi ikan yang bisa saya makan di Indonesia.

Sepertinya banyak orang yang tidak menyadari hal ini, apalagi perokok. Mungkin ada perokok yang menyadari sampah puntung rokoknya namun sangat sedikit dari jumlah 65 juta orang. Juga, sedikit masyarakat yang menyadari bahwa sampah puntung rokok adalah sampah terbanyak di Bumi dan merupakan sampah berbahaya.

Ibu-ibu harus mulai mengetahui hal ini. Agar mereka siap jika nanti tidak ada lagi ikan untuk dimasak dan dimakan. Juga semua orang perlu tahu bahwa sampah puntung rokok adalah permasalahan lingkungan di sekitar dan berbahaya bagi banyak hal di masa depan.


Rama